Biaya Pengacara Samarinda

biaya pengacara samarinda
Biaya Pengacara Samarinda, oleh: Rizki Hadid, S.H., CHt., CDM.
Biaya pengacara adalah salah satu isu penting bagi masyarakat yang mencari jasa pengacara di Samarinda. Namun sebelum kita masuk ke pembahasan berapa biaya pengacara Samarinda, maka ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu definisi pengacara Samarinda yang saya maksud dalam artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini.
Pengacara Samarinda yang dimaksud dalam artikel ini adalah pengacara yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 disebut sebagai advokat. Namun untuk kepentingan penulisan artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini, izinkan saya menuliskan kata “advokat” menjadi sebagai pengacara Samarinda.

Definisi Pengacara Samarinda

Bagi para pembaca artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda yang belum mengetahui apa itu advokat, yang dalam artikel ini saya tulis sebagai pengacara Samarinda, maka izinkan saya menyampaikan definisi pengacara Samarinda atau dalam hal ini advokat dengan dalil Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003. Pada Pasal 1 ayat 1 dan 2 dijelaskan, advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003, yang mana jasa hukum yang diberikan meliputi memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili mendampingi membela dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.
Nah, setelah saya mengupas definisi advokat yang dalam artikel ini saya tulis sebagai pengacara Samarinda, tentu para pembaca penasaran berapa biaya pengacara Samarinda. Sebab, jumlah biaya pengacara Samarinda inilah yang menjadi alasan bagi para pembaca mengklik artikel ini. Mengenai berapa biaya pengacara Samarinda, maka perlu saya jelaskan terlebih dahulu dalam artikel berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini, bahwa sebutan biaya pengacara Samarinda itu tidaklah tepat.
Sebab, jika ditanyakan berapa biaya pengacara Samarinda, maka kesan yang timbul adalah pengacara Samarinda itu bagaikan sebuah barang atau produk yang dijual di pasar. Padahal, advokat atau pengacara Samarinda itu tentu saja tidak seperti itu. Sebab, pengacara Samarinda adalah sebuah profesi mulia yang mekanismenya diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003.

Biaya Pengacara Samarinda atau Honorarium Advokat?

Jika sebutan biaya pengacara Samarinda itu tidak tepat bagi profesi pengacara Samarinda, maka apa sebenarnya sebutan yang tepat untuk menyebut istilah biaya pengacara Samarinda? Pertanyaan tentang biaya pengacara Samarinda ini jawabannya ada di Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003. Pada Pasal 21 ayat 1 yang menjelaskan bahwa advokat berhak menerima honorarium atas jasa hukum yang telah diberikan kepada kliennya.
Jadi, sebutan biaya pengacara Samarinda yang lebih tepat adalah honorarium advokat. Meski sebutan biaya pengacara Samarinda itu tidak tepat, namun supaya mudah dicerna masyarakat, izinkan saya dalam artikel ini menuliskan “honorarium advokat” sebagai biaya pengacara Samarinda. Sebab, kalimat biaya pengacara Samarinda jauh lebih populer daripada kalimat “honorarium advokat”. Toh, dalam artikel ini saya juga sudah menjelaskan bahwa sebutan yang benar dari biaya pengacara Samarinda adalah honorarium advokat.

Berapa Biaya Pengacara Samarinda?

Nah sekarang, setelah kita mengenal soal apa itu pengacara Samarinda dan biaya pengacara Samarinda, maka ide pokok artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini adalah berapa biaya pengacara Samarinda yang sebenarnya?
Mengenai berapa biaya pengacara Samarinda, tentu saja pengaturan soal berapa biaya pengacara Samarinda itu sudah ada di Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003. Yakni pada Pasal 21 ayat 2 yang menjelaskan bahwa besaran honorarium advokat ditetapkan secara wajar berdasarkan persetujuan kedua belah pihak
Maka, biaya pengacara Samarinda itu sebenarnya nominalnya diatur sesuai kesepakatan antar pihak. Jadi, tidak ada patokan berapa biaya pengacara Samarinda. Bisa jadi biaya pengacara Samarinda itu Rp 250 juta untuk satu perkara, bisa jadi pula biaya pengacara Samarinda itu sebesar Rp 25 juta untuk satu perkara, bisa jadi pula biaya pengacara Samarinda itu Rp 2,5 juta, dan bisa jadi pula biaya pengacara Samarinda itu gratis.
Sekali lagi, penentuan berapa biaya pengacara Samarinda itu pada hakikatnya sesuai kesepakatan antara Anda sebagai klien, dengan pengacara pilihan Anda. Sehingga, untuk mengetahui berapa biaya pengacara Samarinda yang sesungguhnya adalah tanyakan langsung pada pengacara Samarinda pilihan Anda tersebut.
Demikian artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini saya tulis. Memang bahasa dalam artikel ini tidak ilmiah, karena penulisannya disusun supaya mudah dipahami bagi orang yang awam. Semoga artikel ringan berjudul Biaya Pengacara Samarinda ini bermanfaat. (*)
Untuk layanan konsultasi hukum gratis, silakan chat WhatsApp ke: 0813-4614-0017 atau klik tombol link di bawah ini: